Medan | rakyatmedan – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil torehkan berbagai prestasi membanggakan pada 2018, baik di tingkat nasional maupun internasional. Raihan prestasi itu meliputi bidang akademik dan kemahasiswaan. 

Di bidang akademik UMSU sukses mendongkrak sembilan program studi dari peringkat B ke A, terbanyak untuk universitas swasta di Sumatera Utara.  

Selain itu perpustakaan juga berhasil meraih akreditasi A dan mendapat award  BI Corner terbaik nasional untuk tingkat universitas dari Bank Indonesia.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, bersyukur atas capaian yang diraih selama 2018 baik dibidang akademik maupun bidang kemahasiswaan.

” Capaian prestasi itu tidak terlepas dari upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh sivitas akademika dan pegawai,” katanya, Rabu (2/1/2019).

Menurut dia, capaian di 2018 sesuai dengan target sasaran kinerja universitas. Untuk selanjutnya, UMSU akan terus berupaya meningkatkan kinerja mempertahankan serta meningkatkan prestasi agar lebih mendapat hasil maksimal.

“Mempertahankan prestasi biasanya jauh lebih sulit ketimbang meraihnya karena persaingan ke depan semakin ketat. UMSU akan berupaya maksimal memperbaiki kinerja agar bisa meraih prestasi maksimal di 2019,” katanya.

Agussani menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada UMSU sehingga mampu meraih prestasi yang cukup membanggakan baik di level nasional maupun internasional. 

Untuk itu UMSU akan terus memperbaiki kinerja pelayanan guna menciptakan iklim akademik semakin kompetitif.

Berdasarkan catatan, berbagai prestasi yang berhasil diraih UMSU 2018 di tingkat internasional diantaranya,  Tri Winarni mewakili Indonesa berhasil menyumbangkan 1 medali perak pada karate kategori perorangan di Asean University Games (AUG) ke XIX tahun 2018 yang dilaksanakan di Naypyidaw, Myanmar.

Atlet UKM Badinton juga sukses menunjukkan prestasinya dengan meraih dua emas  dan satu perunggu pada kejuaraan Banda Baru Li- Ning Badminton di Batam atas nama Danang Haryandika an Yufi virgyanda.

Juara 1 poster ilmiah atas nama Rizki Azura Ayuningtia dan Juara Harapan 1 produk / prototype atas nama Ayub Syahputra pada pekan Ilmiah Kretifitas Mahasiswa Nasional dan Pameran Tepat Guna Nasional. 

Selain itu mahasiswa UMSU juga sukses meraih juara 1 Tilawah Putra atas nama Muhammad Yandre pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Yogyakarta.

Selain prestasi yang ditorehkan mahasiswa, alumni  juga terbukti mampu mendapatkan kepercayaan mengisi posisi strategis di lembaga tinggi negara dan  pemerintahan termasuk sebagai kepala daerah.

Para alumni tersebut  Zahir sebagai Bupati Batubara, H M Syahrial, Walikota Tanjungbalai,  Hefriyansah, Walikota Pematangsiantar. H Dzulmi Eldin juga tercatat sebagai alumni Pascasarjana bersama Kapolda Sumut, Irjend Pol,Agus Andrianto serta sejumlah pejabat dan Kapolres di Jajaran Polda Sumut. 

Salah seorang Anggota Komisi Yudisial, Farid Wajdi juga tercatat sebagai alumni UMSU. (rm -04)

.