Dishub Tobasa Buka Jalan Alternatif. | foto: istimewa
Dishub Tobasa Buka Jalan Alternatif. | foto: istimewa

Balige | rakyatmedan – Arus lalulintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) hari ini macet, seiring dengan makin derasnya arus balik tahun baru.

Kepala Dinas Perhubungan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas (Lalin), Donal Simanjuntak mengatakan, rekayasa jalan sangat dibutuhkan untuk memperlancar arus lalulintas. Jika tidak maka dikhawatirkan Jalinsum Balige macet total.

“Jumlah kendaraan yang melintas sangat di luar perhitungan. Untuk mempercepat perjalanan pemudik, maka seluruh akses jalan yang bisa dianggap memperlancar arus lalu lintas kita buka dan kita arahkan,” ujarnya, Kamis (3/1) di Balige.

Untuk mengantisipasi kemacetan sekaligus mengarahkan para pengguna jalan melalui jalan yang dianggap mampu sebagai solusi mempercepat perjalanan pengguna jalan, maka seluruh petugas di lingkungan institusinya diturunkan.

“Tujuan kita bagaimana pengguna jalan yang baru usai merayakan Tahun Baru dan yang akan melanjutkan perjalanan tidak merasa bosan di kemacetan di Kota Balige dan tiba secepatnya pada tujuan,” sebutnya.

Kepada pengguna jalan, disampakan Donal Simanjuntak, baik dari arah Medan maupun arah dari Sibolga demi kelancaran arus lalu lintas supaya menuruti arahan maupun petunjuk dari petugas yang bertebaran di berbagai titik ditempatkan untuk memandu.

“Kami hanya berharap seluruh pengguna jalan bisa lebih bersabar, meskipun jalan kampung yang dibuka sebagai rekayasa tujuan kita bagaimana arus lalu lintas lancar,” terangnya.

Di sepanjang jalan Jalinsum Balige kemacetan dimulai dari Soposurung-Desa Sibola Hotang sepanjang lebih dari 3 km, jalan dipadati kendaraan jenis roda empat dan diduga terbanyak adalah warga yang baru usai merayakan Tahun Baru ditambah kenderaan penumpang.