Medan | rakyatmedan –  Mulai hari ini Jumat (4/1/2019) sudah bisa dilakukan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

“Mekanisme untuk proses SNMPTN 2019  pada kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang mengalami tahapan penyeleksian lebih cepat runtunan waktunya,” kata Kepala Humas Universitas Negeri Medan, Muhammad Surip MSi di kampus tersebut  Jalan Wilem iskandar Medan, Jumat (4/1/2019).

Disebutkan Surip, pada tahapan pengisian dan verifikasi PDSS berlangsung mulai 4 hingga 25 Januari 2019.

“Dengan dilaunchingnya SNMPTN 2019 di Undip ini kita harapkan agar informasi mengenai mekanisme pelaksanaan SNMPTN sampai ke semua sekolah berikut jadwalnya, sehibgga calon peserta dan sekolahnya bisa bersiap-siap,” kata Surip.

Pada proses SNMPTN 2019, ada empat tahapan umum dalam pelaksanaannya, yakni pertama, pengisian dan verifikasi PDSS pada 4-25 Januari 2019. 

Tahapan kedua pendaftaran pada 4-14 Februari 2019, ketiga pengumuman hasil seleksi pada 23 Maret 2019 dan keempat verifikasi di PTN masing-masing.

“Diharapkan tahapan-tahapan pelaksanaan dan mekanisme SNMPTN 2019 ini bisa diikuti dengan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Mengingat jadwal tahun ini lebih cepat dari 2018,” tandasnya.

Dijelaskan pula, informasi dan jadwal lebih rinci terkait pelaksanaan penyeleksiaan ini dapat diakses di laman http://www.snmptn.ac.id.

Diketahui, SNMPTN ini merupakan salah satu dari beberapa jalur resmi yang diselenggarakan Kemristekdikti RI untuk menyeleksi calon mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia menempati perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

Menurut informasi yang dihimpun, peminat jalur ini terus meningkat setiap tahunnya. Namun ketersediaan kursi mahasiswa baru di berbagai kampus seperti Unimed masih terbatas.

“Artinya, dari sekian banyak pendaftar, hanya sebagian kecil yang berhasil lulus untuk jalur ini,” demikian ungkap Surip. (rm-04)