Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs Refdi Andri M.Si. | foto: istimewa
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs Refdi Andri M.Si. | foto: istimewa

Jakarta | rakyatmedan –  Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs Refdi Andri M.Si mengungkapkan, jumlah kasus dan korban kecelakaan pada Operasi Lilin 2018 mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama baik dalam ruas arus tol maupun ruas arteri.

“Tahun ini jumlah kecelakaan lalulintas yang terjadi (selama Operasi Lilin-2018) berjumlah 673.000. Jumlah tersebut turun mencapai 30 persen dari tahun 2017 yang mencapai 965.000,” ucap Kakorlantas saat menggelar press confrence ‘OPS LILIN-2018’, lt.2 NTMC KORLANTAS POLRI, Jakarta Selatan, Jumat (4/1).

Sementara jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pun menurun.

“korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas selama operasi lilin 2018 tercatat ada 176 korban jiwa atau turun 30 persen bila dibandingkan jumlah korban meninggal pada Operasi Lilin 2017 yakni 250 orang,” lanjut Kakorlantas.

Persentase jumlah korban luka berat dan luka ringan akibat kecelakaan lalu lintas selama Operasi Lilin 2018 juga mengalami penurunan sebesar 35 persen dan 30 persen dibandingkan tahun lalu.

“Selama Operasi Lilin 2018, jumlah kasus maupun korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas mengalami penurunan yang cukup signifikan dari tahun 2017 sebelumnya.” terang Kakorlantas.

Keberhasilan penurunan ini tak lain berkat sinergitas sesama. Kakorlantas menerangkan bahwa pemerintah betul-betul konsisten dan sangat baik mewujudkan hal-hal keselamatan. Kebijakan yang sangat baik, seperti pemberhentian pekerjaan pembangunan, pembatasan kendaraan. Langkah-langkah preemtif, preventif, penindakan juga dilakukan kepolisian. Terlebih penurunan angka kecelakaan lalulintas dikarenakan masyarakat maupun pemerintah memiliki kesadaran untuk melakukan ramp check.

“Masyarakat kini menjadi lebih paham pentingnya keselamatan berlalulintas, karena sosialisasi pun dilakukan sejak dini dibantu bersama-sama rekan media menyampaikan hal yang benar kepada masyarakat.” jelasnya.

“Terimakasih kepada rekan-rekan media telah menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan baik. Ini sinergitas yang baik, ini kita bisa pertahankan bahkan ditingkatkan.” tutupnya.