PELETAKAN BATU PERTAMA. Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan dan Perluasan Masjid Al-Ikhlas FKG USU di Jalan Alumni Kampus USU Medan, Senin (7/1).| foto: istimewa
PELETAKAN BATU PERTAMA. Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan dan Perluasan Masjid Al-Ikhlas FKG USU di Jalan Alumni Kampus USU Medan, Senin (7/1).| foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Perluasan Masjid Al-Ikhlas Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU merupakan bentuk kepedulian Fakultas untuk menyediakan fasilitas ibadah khususnya bagi civitas akademika yang beragama muslim.

Hal ini diungkapkan Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, MH saat memberikan kata sambutannya pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan dan Perluasan Masjid Al-Ikhlas FKG USU di Jalan Alumni Kampus USU Medan, Senin (7/1). Peletakan batu pertama pembangunan masjid ini merupakan perluasan mushola yang telah ada sebelumnya.

Diharapkan dengan Perluasan Masjid di lingkungan FKG USU ini, tambah Wali Kota, dapat lebih banyak menampung jamaah dan dapat menjadi tempat untuk kegiatan ibadah lainnya.

“Dengan adanya perluasan dan pengembangan Masjid Al-Ikhlas ini diharapkan dapat menampung jamaah sholat serta menjadi pusat kajian Islam di Kampus FKG USU ini,” ujar Wali Kota

Selain itu, Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini juga berharap pembangunan masjid ini dapat menambah kecintaan kita kepada Allah SWT dan menjadi pondasi keislaman di sanubari setiap muslim khususnya di lingkungan FKG USU.

“Saya berharap Pembangunan Perluasan Masjid Al Ikhlas ini dapat semakin menambah kecintaan kita kepada Allah SWT. Selain itu akan mampu kokoh berdiri membangun pondasi keislaman di sanubari setiap muslim di lingkungan FKG USU”, kata Wali Kota.

Selanjutnya, menurut Wali Kota, Masjid Al Ikhlas tidak akan berdiri tanpa ada bantuan yang ikhlas dari kita semua. Apalagi Pembangunan Perluasan Masjid Al Ikhlas ini memerlukan dana yang besar dan sampai dengan peletakan batu pertama ini dana yang terkumpul masih sedikit. Akan tetapi kita harus yakin Allah SWT akan memberikan jalan untuk berdirinya Masjid Al Ikhlas di lingkungan FKG USU.

“Pembangunan masjid Al Ikhlas ini menyahuti keinginan mahasiswa dan para dosen serta umat Islam yang beraktivitas di lingkungan FKG USU. Oleh sebab itu dengan berdirinya Masjid ini semakin dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dan para dosen di lingkungan FKG USU”, ujar Wali Kota.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Medan secara pribadi memberikan bantuan pembangunan Masjid Al Ikhlas di lingkungan FKG USU yang diterima oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU. Diharapkan bantuan ini dapat membantu biaya pembangunan masjid.

Sekaitan dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU Dr. Trelia Boel, drg., MKes, menjelaskan bahwa pembangunan perluasan Masjid Al Ikhlas ini dikarenakan tidak dapat menampung seluruh jamaah khususnya Mahasiswa dan Dosen yang akan melakukan kegiatan beribadah. Atas dasar Penggagas Masjid Al Ikhlas drg. Suparno, maka kami melakukan perluasan terhadap masjid.

“Jumlah mahasiswa di FKG USU mencapai 2000 orang, dengan sebagian besar beragama Islam, tentu Masjid Al Ikhlas tidak dapat menampung seluruh mahasiswa ditambah dengan dosen. Selain itu banyak kegiatan ibadah yang dilakukan di masjid ini. Karenanya kita melakukan perluasan Masjid Al Ikhlas di lingkungan FKG USU”, jelas Dekan FKG USU.

Dijelaskan Dekan, Pembangunan Perluasan Masjid Al Ikhlas ini memerlukan dana mencapai 900 juta lebih dengan dana yang terkumpul saat ini baru sekitar 200 juta, akan tetapi kami memiliki keyakinan Masjid ini akan berdiri. Diperkirakan pembangunan masjid akan selesai di bulan Ramadhan tahun ini.

Peletakan batu pertama pembangunan perluasan Masjid Al Ikhlas FKG USU ini dilakukan Wali Kota Medan dihadapan, Rektor USU yang diwakili Ketua Majelis Wali Amanat USU, Panusunan Pasaribu M.M, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU, Dr. Trelia Boel, drg, MKes, Penggagas Masjid Al Ikhlas, drg. Suparno, Para Dekan dilingkungan USU, diantaranya Dekan Fisip, Dr. Muryanto Amin, S.Sos.M.Si, dan para Guru besar FKG USU. (rm-05)