Mahasiswa UMSU Magang ke Filipina dan India
Mahasiswa UMSU Magang ke Filipina dan India

Jakarta | rakyatmedan –  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi, menyatakan produksi surat suara untuk Pemilu 2019 sudah siap dilakukan pekan depan.

Enam perusahaan pemenang tender surat suara dipastikan akan melakukan produksi pada pertengahan Januari 2019.

“Pertengahan Januari diproduksi dan diharapkan sesuai jadwal 60 hari sudah selesai produksi dan distribusinya sampai tingkat kabupaten kota,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid, Selasa (8/1).

Enam perusahaan yang dimaksud yakni PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur), PT Adi Perkasa Makassar (Sulawesi Selatan).

Pramono mengatakan hingga pukul 12.00 WIB kemarin Senin (7/1) tidak ada pihak yang menyampaikan sanggahan terkait 6 perusahaan pemenang tender itu.

“Sampai jam 12.00 nggak ada yang menyampaikan sanggahan. Praktis masa sanggah sudah selesai 6 perusahaan percetakan sudah lebih pasti tinggal menunggu 8-10 tandatangan kontrak payung antara LKPP dengan 6 perusahaan itu,” ujarnya.

Ia mengatakan perusahaan-perusahaan itu sudah menandatangani pakta integritas. KPU juga sudah meminta pendampingan BPK, KPK dan PPATK terkait proses pelelangan.

“Itu sudah dari awal. Sejak mereka ikut lelang jadi penekanan kita. Ini juga sudah dikawal ketat oleh BPK dan juga pendampingan dari KPK dan PPATK. Jadi nggak boleh ada gratifikasi, suap dll baik kepada panitia lelang maupun KPU,” ungkap Pramono.

Pramono mengatakan kualitas surat suara akan selalu dijaga. Selain itu pengawasan untuk surat suara juga dilakukan 24 jam.