Penyerahan bantuan dari PDAM se-Sumatra Utara yang bergabung dalam PERPAMSI Sumut yang diserahkan oleh Ketua PD PERPAMSI Sumut Ir Heri Batangari Nasution M.Psi kepada PDAM Tirta Nciho Kabupaten Dairi yang diterima oleh Direkur PDAM Tirta Nciho Wahlin Munthe di Kantor PDAM Tirta Nciho, Kamis (27/12). | foto: istimewa
Penyerahan bantuan dari PDAM se-Sumatra Utara yang bergabung dalam PERPAMSI Sumut yang diserahkan oleh Ketua PD PERPAMSI Sumut Ir Heri Batangari Nasution M.Psi kepada PDAM Tirta Nciho Kabupaten Dairi yang diterima oleh Direkur PDAM Tirta Nciho Wahlin Munthe di Kantor PDAM Tirta Nciho, Kamis (27/12). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Bencana banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (19/12), juga merusak jaringan perpipaan air bersih di daerah itu.

Hal ini terungkap pada kunjungan Pengurus Daerah PERPAMSI Sumut ke Kabupaten Dairi yang dipimpin langsung oleh Ir Heri Batangari Nasution M.Psi selaku Ketua PD PERPAMSI Sumut didamping unsur pengurus lainnya antara lain Puspa Sibuea (Direktur PDAM Tapanuli Tengah) dan Ewin Putra SE (Direktur PDAM Tirta Bulian Kota Tebing Tinggi), Kamis (27/12/2018). 

Kepada wartawan, Heri Batangari Nasution mengatakan, begitu mendapatkan berita musibah tersebut, PD PERPAMSI Sumut bekerjasama dengan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara langsung mengirimkan dua unit Mobil Tangki untuk membantu supply kebutuhan air bersih kepada warga dan mengirimkan pipa beserta assesorisnya serta tenaga teknisi.

“PERPAMSI Sumut bekerjasama dengan PDAM Tirtanadi mengirimkan 2 unit mobil tangki dan pipa beserta accesories yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan perpipaan serta beberapa orang tenaga teknisi untuk membantu pemulihan pelayanan air bersih di Kecamatan Silima Pungga-Pungga Kabupaten Dairi,” kata Heri Batangari.

Namun dikarenakan kerusakanya cukup parah, lanjut Heri Batangari, hingga berita ini diturunkan pelayanan air bersih di Kecamatan Silima Pungga-Pungga Kabupaten Dairi belum pulih.

Kepada Pengurus Daerah PERPAMSI Sumut, Direktur PDAM Tirta Nciho, Wahlin Munte melaporkan, banjir bandang yang terjadi di Desa Bongkaras dan Longkotan, mengakibatkan kerusakan jaringan perpipaan air bersih sepanjang 1.500 meter sehingga menyebabkan gangguan pendistribusian air bersih kepada sekitar 2.500 pelanggan.

Pada kesempatan tersebut, PD PERPAMSI Sumut dan para pimpinan pimpinan PDAM se-Sumatera Utara juga telah mengumpulkan dana guna membantu meringankan beban PDAM Tirta Nciho. Bantuan dana yangg terkumpul sebesar Rp25 juta diserahkan kepada Direktur PDAM Tirta Nciho, Wahlin Munte didampingi staf di kantor PDAM Tirta Nciho.

Sementara, Direktur PDAM Tirta Nciho, Wahlin Munte mengaku sangat beterima kasih atas bantuan dari PD PERPAMSI Sumut dan PDAM Tirtanadi karena PDAM Tirta Nciho sangat memerlukan material perpipaan beserta acesoriesnya dan biaya yang cukup besar untuk dapat memulihkan kembali pelayanan air bersih kepada warga.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari PD PERPAMSI Sumut dan PDAM Tirtanadi karena memang akses air bersih saat ini di Kabupaten Dairi rusak parah pasca banjir. Tentu saja bantuan ini sangat berarti bagi kami maupun warga,” ucap Wahlin Munthe.

Wahlin Munthe berharap agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat melalui instansi terkait kiranya bereaksi cepat membantu PDAM Tirta Nciho mengingat sampai saat ini masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih. (rm-07)