Medan | rakyatmedan – Pada tahun akademik 2019/2020 Universitas Sumatera Utara ( USU) menerima mahasiswa baru dengan  jumlah daya tampung untuk tiga jalur seleksi nasional sebanyak 7.759 orang.

“Pada 2019 ini kuota jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) lebih banyak dibandingkan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),” kata Wakil Rektor (WR) I USU Prof Dr Ir Rosmayati MS, Jumat petang (18/1/2019).

Menurut Prof Rosmayati pada sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN  di Gedung Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU Jalan Dr Mansyur Medan, dari total 7.759 mahasiswa baru USU itu terdiri 2.288 untuk jalur SNMPTN, 3.275 jalur SBMPTN dan 2.196 jalur Mandiri.

Sosialisasi yang digelar USU itu dilaksanakan di 18 kabupaten/kota Sumut sejak 15 – 18 Januari 2019. Kota Medan merupakan daerah terakhir digelar di LPPM USU.

Pada sosialiasi itu menghadirkan Dr Nini Rahmawati SP, MSi dan Sri Melvani Hardi SKom, MKom sebagai narasumber dari Panitia Pelaksana Seleksi Pusat Jakarta itu diikuti ratusan pelajar SMU/SMK/Sederajat didampingi Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling (BK).

 Prof Dr Ir Rosmayati MS mengatakan, selain SNMPTN, ‎pihaknya juga melakukan sosialisasi pemahaman Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.  

“Kita memberikan pemahaman, antara lain tentang cara pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), status akreditasi sekolah tertentu yang belum jelas, materi tes yang memuat Tes Potensi Skolastik di samping Tes Kompetensi Akademik, dan lain-lainnya,” kata Rosmayati

Disebutkannya, 18 Kabupaten/Kota di Sumut dikunjungi itu adalah Tebing Tinggi, Binjai, Pematangsiantar, Deli Serdang, Rantau Parapat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Padang Sidempuan, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Sibolga, Dairi, Langkat, Asahan dan Simalungun

Sekadar diketahui, SNMPTN sudah dilaunching pada 4 Januari 2019 lalu, diawali Pengisian dan Verifikasi PDSS pada  4 – 25 Januari 2019. Pendaftaran SNMPTN dimulai  4 – 14 Februari 2019. Sementara Pengumuman dijadwalkan pada 23 Maret 2019

Sosialisasi itu juga dihadiri Kepala Humas USU Elvi Sumanti ST, MHum, staf ahli rektor USU dan para kepala biro serta kabag terkait. (rm-04)