Medan | rakyatmedan – Enam mahasiswa Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengikuti program Magang Bersertifikat Profesi di PT Pelindo I .

Keenam mahasiswa yang beruntung terpilih mengikuti program tersebut antara lain, Muhammad Syahrul dan Almaidah (Fakultas Teknik), M Rizky Damanik dan Abdurrahman Zuhdi (FISIP) serta Anting Sundari dan Rohani (FEB)

“Dengan program magang bersertifikat profesi ini kita menginginkan mahasiswa memiliki keunggulan soft-skill disamping keterampilan dan kreatifitas,” ujarRektor Universitas UMSU Dr Agussani MAP, Sabtu (19/1/2019) saat melepas keenam mahasiswa tersebut mengikuti program magang tersebut.

Didampingi Wakil Rektor III Dr Rudianto MSi dan sejumlah Wakil dekan III di Aula Gedung Pascasarjana UMSU, Jalan Denai Medan, Agussani MAP mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari penandatanganan kerjasama UMSU dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Human Capital Indonesia.

“Ini juga merupakan bagian dari komitmen universitas dalam rangka melaksanakan kegiatan akademik yang tidak hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas semata,” katanya.

Dijelaskan Agussani, MoU terkait program magang bersertifikat profesi ditandatangani pada Agustus 2018 lalu di Kuala Namu Internasional Airport (KNIA).

Waktu itu, kata Agussani, hanya UMSU dan UM Malang dari 176 PTM di seluruh Indonesia yang terlibat dalam kerjasama. Sedangkan dari Sumut cuma tiga, yakni UMSU, USU dan Institut Teknologi Del.

Agussani menilai, Program Magang Bersertifikat ini patut untuk disyukuri dan menjadi tanntangan yang harus direalisasiskan, sehingga tidak hanya berhenti di atas kertas saja.

“Peluang ini harus kita tindaklanjuti dalam bentuk action nyata. Bahkan kedepan saya minta lembaga yang menangani program ini bisa diformalkan agar bisa bekerja maksimal,” sebutnya.

Kepada keenam mahasiswa yang terpilih mengikuti Program Magang Bersertifikat di PT Pelindo I Agussani berpesan agar mengikuti program ini secara serius dan bisa menjaga nama baik UMSU.

Selama mengikuti magang bersertifikat di PT Pelindo I, ia berharap para mahasiswa yang terpilih jadi duta UMSU bisa menunjukkan eksistensi diri sebagai mahasiswa yang unggul, cerdas dan terpercaya.

“Mudah-mudahan kalian nantinya bisa menginspirasi mahasiswa lainnya untuk bisa berprestasi dan tertarik mengikuti program ini,” kata Agussani.

Sementara itu Koordinator Program Magang Bersertifikat Profesi Chandra Siregar ST MT mengatakan, sampai saat ini sudah 15 mahasiswa UMSU yang diterima mengikuti Program Magang Bersertifikat di sejumlah BUMN di Sumut.

Adapun yang sudah diproses sebanyak 9 orang, yakni 2 di PT Inalum Asahan dan 7 di PTPN IV. Sekarang menyusul 6 orang untuk magang di PT Pelindo I. (rm-04)