PENERTIBAN. Satpol PP bersama jajaran kecamatan Medan Petisah melaksanakan penertiban Pedagang Kaki 5 (PK5) di Jalan D I Panjaitan Kelurahan Sei Sikambing, Senin (21/1). | foto: istimewa
PENERTIBAN. Satpol PP bersama jajaran kecamatan Medan Petisah melaksanakan penertiban Pedagang Kaki 5 (PK5) di Jalan D I Panjaitan Kelurahan Sei Sikambing, Senin (21/1). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Satpol PP bersama jajaran kecamatan Medan Petisah melaksanakan penertiban Pedagang Kaki 5 (PK5) di Jalan D I Panjaitan Kelurahan Sei Sikambing, Senin (21/1).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Pemko Medan dalam hal penanganan PK5 yang berjualan di atas trotoar maupun badan jalan.

Kegiatan penertiban ini dipimpin oleh Camat Medan Petisah Agha Novrian menyampaikan bahwa dalam kegiatan sebelumnya Kecamatan Medan Petisah beserta tim yang terkait telah melakukan pembenahan terhadap Taman Lili Suhairi, kali ini timnya bekerjasama dengan Satpol PP dalam penertiban PK5.

“Dalam kegiatan sebelumnya kami telah melakukan pembenahan terhadap Taman Lili Suhairi kini kami beserta tim yang bertugas dan membantu kami dalam penanganan PK5 yang berjualan disembarang tempat,” ujarnya.

Kehadiran PK5, tambah Agha, dapat memperburuk estetika kota. Selain terlihat kumuh, adanya PK5 ini acapkali membuat arus lalu lintas tersendat sehingga tak jarang terjadinya kemacetan panjang.

“PK5 ini membuat Kota Medan terlihat kumuh. Selain itu, tidak dapat kita pungkiri, salah satu penyebab kemacetan di Kota Medan ini juga karena kehadiran PK5. Mereka (PK5) menggelara barang dagangannya sesuka hati mereka sehingga separuh bahkan semua badan jalan digunakan mereka sebagai lapak berjualan,” tambah Agha.

Kemudian Agha menjelaskan bahwa timnnya akan terus melakukan penataan di kawasan kecamatannya demi menjadikan Kota Medan jauh lebih rapi lagi dari yang sebelumnya.

“Kami akan berupaya sekuat tenaga membenahi Kota Medan ini terutama di Kecamatan Medan Petisah. Hal ini dilakukan agar Kota Medan lebih tertata dan estetika Kota Medan kembali berseri”, jelas Agha.

Selain dari Tim Kecamatan Medan Petisah, turut pula hadir dalam penertiban ini yakni Lurah, Kepling, P3Su, Satpol PP, Dishub dan Polsek Medan Baru. (rm-05)