Penumpang berkelahi di penerbangan Scoot TR& dari Gold Cost menuju Singapura. Foto: Facebook
Penumpang berkelahi di penerbangan Scoot TR& dari Gold Cost menuju Singapura. Foto: Facebook

Singapura | rakyatmedan – Pesawat Scoot Airlines rute Gold Cost, Queensland, Australia, menuju Sungapura, terpaksa dialihkan ke bandara Sydney, Senin (21/1). Penyebabnya, ada penumpang yang berkelahi.

Pesawat dengan nomor penerbangan TR7 itu sedianya mendarat di Singapura pukul 15.15 waktu setempat. Namun setelah terbang 1 jam dan 20 menit dari Gold Cost, pilot terpaksa mendaratkan pesawat di Sydney. Dalam kondisi nornal, penerbangan Gold Cost menuju Singapura memakan waktu 8 jam.

Dalam pernyataannya, Scoot menjelaskan seorang pria Australia memukul penumpang lain hingga menimbulkan kehebohan. Perkelahian berakhir setelah kru dan penumpang lain turun tangan melerai mereka.

“Penumpang yang tak terkendali itu dijinakkan dengan dua tali penahan yang dibantu lima penumpang,” bunyi pernyataan, seperti dilaporkan kembali The Straits Times, Selasa (22/1).

Laporan surat kabar Brisbane Times, mengungkap, kedua pria yang terlibat perkelahian dimintai keterangan oleh petugas Kepolisian Federal Australia di bandara Sydney. Sementara itu penumpang yang dipukul mengatakan tidak memerlukan penanganan medis dan menganggap kondisinya baik-baik saja.

Scoot mengungkap, pelaku pemukulan terlihat normal saat pesawat berangkat. Namun dia mulai berbuat ulah dengan mengganggu penumpang lain tak lama setelah pesawat lepas landas.

Kru pesawat pun diminta tidak menjual minuman beralkohol kepadanya.

Menurut keterangan penumpang yang merekam perkelahian di pesawat, pelaku sebenarnya sudah mabuk sebelum berangkat. Dia menenggak minuman beralkohol untuk menunggu waktu boarding karena penerbangan Scoot TR7 ditunda.

Sementara itu para penumpang diterbangkan kembali ke Singapura menggunakan pesawat Scoot TR13 serta penerbangan Singapore Airlines SQ242 dan SQ288. (rm/in)