Medan | rakyatmedan – Mahasiswa program studi (Prodi) Sistem Komputer dan Teknik Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) “warna-warnikan” Kampung Nelayan Belawan.

“Pengubahan Kampung Nelayan itu kita laksanakan melalui gathering dan inagurasi dengan melakukan pengecatan Kantor Kelurahan Bagan Deli, SD Aljam’iyatul Washliyah, PAUD Bagan Deli, jembatan semangat 86 Bagan Deli, Rumah Baca, dan beberapa rumah warga Kelurahan Bagan Deli,” kata Dekan FST Unpab Sri Shindi Indira ST MSc, Selasa (22/1/2019).

Disebutkan Sri, pada kegiatan itu yang bertajuk “mengubah Desa Binaan Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan menjadi kampung nelayan warna-warni“ dengan memibatkan 150 mahasiswa, 50 dosen FST Unpab, 50 personel TNI AL Lantamal I Belawan bersama warga setempat.

Kegiatan tersebut didukung Nippon Paint yang memberikan bantuan 1000 kaleng pilox dan potongan khusus pembelian cat dinding cair yang digunakan untuk mewujudkan perubahan kampung nekayan tersebut.

Saat proses pengecatan, Unpab juga menyajikan hiburan kepada masyarakat dengan bernyayi bersama di lapangan utama Kantor Kelurahan Bagan Deli. Kegiatan itu mendapat apresiasi dari masyarakat Bagan Deli.

Dekan FST Unpab Sri Shindi Indira ST MSc dalam sambutannya mengatakan, Kelurahan Bagan Deli merupakan satu dari sepuluh desa binaan Unpab. Desa binaan ini bertujuan untuk mencari dan menemukan potensi desa dan menjadikannya profil unggulan desa sehingga masyarakat desa dapat sejahtera dan mandiri.

Dekan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada TNI AL Lantamal I Belawan dan Nippon Paint yang sudah mendukung kegiatan ini.

“Kami harapkan kolaborasi seperti ini dapat terus terjalin,” katanya.

Aspotmar Komandan Lantamal I Belawan Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko SE saat acara pembukaan di Gedung Yos Sudarso TNI AL LantamaL I Belawan menyampaikan apresiasi tinggi dan dukungan terhadap acara tersebut.

Aspotmar Berkat Widjanarko juga memberikan kuliah umum tentang “Membangun Kembali Budaya Maritim Dalam Bingkai Wawasan Nusantara”.

Dia memotivasi mahasiswa Unpab agar peduli dan turut serta membangun dan memajukan daerah Pesisir Pantai sebagai salah satu bentuk bakti bela negara.

Sebelum melakukan aksi pengecatan di Kampung Nelayan, mahasiswa Unpab diberikan kesempatan untuk berkeliling dan mengunjungi beberapa KRI yang sedang bersandar di Lantamal I Belawan.

Seusai aksi pengecatan, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada kelompok mahasiswa terbaik dan terkompak serta mahasiswa yang telah mengupload proses kegiatan ke media sosial seperti instagram, youtube dan facebook. (rm-04))