Facebook berencana menghubungkan semua aplikasi buatannya.
Facebook berencana menghubungkan semua aplikasi buatannya.

Jakarta | rakyatmedan – Facebook tengah mengembangkan cara yang memungkinkan pengguna Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp saling berkirim pesan.

Masing-masing aplikasi itu akan tetap menjadi aplikasi mandiri. Namun, menurut Times, Facebook akan membangun infrastruktur yang memungkinkan pengguna menggunakan salah satu aplikasi milik Facebook untuk menghubungi orang lain yang menggunakan aplikasi lain.

Ketiga aplikasi di bawah Facebook itu juga sudah mendukung enkripsi end-to-end. Sayangnya, Facebook belum memberitahukan kapan rencana mereka ini akan terealisasi.

“Kami ingin menyediakan pengalaman terbaik dalam berkirim pesan; dan orang-orang ingin aplikasi pengirim pesan yang cepat, sederhana, bisa dipercaya, dan rahasia,” kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan resmi, seperti yang dikutip dari The Verge.

“Kami sedang berusaha membuat aplikasi pengirim pesan kami terenkripsi end-to-end, dan kami mencari cara untuk memudahkan pengguna menghubungi teman dan keluarga di aplikasi yang berbeda.”

“Seperti yang sudah bisa Anda duga, ada banyak diskusi dan debat ketika kami memulai proses panjang untuk memikirkan bagaimana kami merealisasikan rencana kami.”

Dengan memungkinkan pengguna satu aplikasi berkomunikasi dengan pengguna aplikasi lain, Facebook tampaknya ingin para pengguna aktif dalam menggunakan aplikasi itu dan menjadikan salah satu dari tiga aplikasi pengirim pesan Facebook sebagai alat utama berkomunikasi.

Dengan begitu, Facebook akan bisa mengklaim tingkat interaksi pengguna yang lebih tinggi pada para pengiklan. Ini akan membantu mereka menumbuhan divisi iklan ketika pertumbuhan pengguna di berbagai aplikasinya mulai melambat.

Jika dibandingkan dengan media sosial lainnya, Facebook memiliki jumlah pengguna paling banyak. Dengan menggabungkan aset-aset mereka, mereka bisa bersaing dengan Apple iMessage dan layanan pengirim pesan buatan Google. (rm/mtc)