MENERIMA PERWAKILAN. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo didampingi sejumlah Anggota DPR menerima perwakilan dari Konferensi Musik Indonesia (KAMI) dan beberapa penggiat musik Tanah Air. | foto: istimewa
MENERIMA PERWAKILAN. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo didampingi sejumlah Anggota DPR menerima perwakilan dari Konferensi Musik Indonesia (KAMI) dan beberapa penggiat musik Tanah Air. | foto: istimewa

Jakarta | rakyatmedan – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo didampingi oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa, Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah dan Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait, menerima perwakilan dari Konferensi Musik Indonesia (KAMI) dan beberapa penggiat musik Tanah Air.

Setelah menerima aspirasi dari mereka, ia mendorong Badan Legislasi (Baleg) DPR RI agar segera membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan.

“Kami bertekad ingin membantu menyelesaikan apapun persoalan rakyat yang kami wakili. Dalam hal ini kami akan mendorong Baleg untuk meneruskan tugas-tugas dari komisi yang ada di DPR RI yang memiliki ruang lingkup kerja pada RUU Permusikan ini,” ungkap Bamsoet, sapaan akrabnya, usai menerima perwakilan KAMI dan penggiat music di ruang kerja Ketua DPR RI, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, (28/1).

Bamsoet juga menyarankan agar para pelaku seni dapat memberikan aspirasi dalam pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) untuk RUU tersebut.

Ia mengungkapkan sampai saat ini baru ada 50 pasal, dalam pembahasan yang akan datang apakah pasal ini perlu penambahan atau tidak.

“Saya akan mendorong ini agar lebih cepat dibahas di Baleg. Minggu depan kembali akan mengundang para penggiat musik, apa yang perlu dimasukkan dalam Daftar Inventarisasi Masalah di RUU Permusikan,” ujar Bamsoet.

Ia mengatakan, DPR RI akan mendukung apa yang menjadi kepentingan rakyat yang diwakilinya.

“Penggiat industri musik adalah bagian dari rakyat Indonesia. Musisi dan pencipta lagu, kewajiban bagi kami untuk memperjuangkan profesi para pencipta lagu,” papar Bamsoet.

Di kesempatan yang sama Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait Mengapresiasi Ketua DPR RI yang memberikan respon cepat dalam menerima aspirasi dari publik.

Menurutnya ini sejalan dengan kepercayaan publik yang semakin meningkat kepada DPR RI. Maruarar berharap undang-undang ini tidak hanya selesai saja, tapi juga harus memiliki kualitas dan mampu menghimpun apa yang menjadi harapan para penggiat musik di tanah air.

Ara, sapaan akrab Maruarar berharap di dalam internal seniman musik dalam jangka waktu dua minggu yang akan datang sudah memiliki kesamaan tujuan dalam memperjuangkan RUU ini, sehingga tidak ada aspirasi yang terpecah.

“Seniman harus melakukan konsolidasi-konsolidasi secara internal merumuskan tujuan bersama. Supaya ada kesatuan, jangan terpecah-pecah aspirasinya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya aturan permusikan bisa memberikan ruang untuk kreativitas anak bangsa. Selain itu, pengelolaan musik yang baik diharap bisa memberikan dampak pada penerimaan negara.