Google memutuskan untuk menghentikan akun konsumen Google+ pada bulan April 2019 mendatang.
Google memutuskan untuk menghentikan akun konsumen Google+ pada bulan April 2019 mendatang.

Jakarta | rakyatmedan –  Apple sempat menghentikan aplikasi internal Facebook berjalan di perangkat iOS. Kini, giliran aplikasi internal Google yang tidak bisa berjalan di perangkat iOS.

Apple beberapa waktu lalu memutuskan untuk menghentikan aplikasi internal Facebook berjalan di perangkat iOS. Motifnya, guna menghukum Facebook karena menggunakan program distribusi aplikasi internal Apple untuk menyebarkan ‘Facebook Research.’

Kini, Apple kembali mengambil langkah serupa untuk Google. Seorang yang mengetahui situasi ini berbicara kepada The Verge, versi beta Google Maps, Hangouts, Gmail, dan lainnya tidak lagi bisa diakses.

Aplikasi transportasi karyawan Google yang disebut Gbus dan kafe internal juga tak luput dari pemblokiran Apple. Google tampaknya dihukum terkait pendistribusian aplikasi VPN Screenwise Meter.

Aplikasi VPN ini menawarkan pengguna iOS dan Android gift card sebagai imbalan karena telah menyerahkan data tertentu. Namun, sejak diblokir, Google menonaktifkan aplikasi di iOS.

“Aplikasi Screenwise Meter di iOS seharusnya tidak beroperasi di bawah program perusahaan pengembang Apple. Ini merupakan kesalahan dan kami mohon maaf. Kami telah menonaktifkan aplikasi ini di perangkat iOS. Kami sudah berhadapan dengan pengguna soal cara kami menggunakan data mereka di aplikasi, kami tidak memiliki akses ke data terenkripsi di aplikasi dan perangkat. Pengguna bisa memilih keluar dari program kapan saja,” kata Google sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Jumat (1/2).

Seperti yang dilakukan Facebook dengan aplikasi ‘Facebook Research’, Screenwise Meter didistribusikan menggunakan sertifikasi Apple. Sertifikasi seharusnya hanya digunakan untuk aplikasi karyawan.

Dengan Apple memblokir aplikasi internal Facebook dan Google, kedua perusahaan harus menghentikan pengembangan apps mereka untuk platform Apple. (rm/in)