KEJURNAS PANJAT TEBING KAPOLDA CUP 2019. Walikota Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH menghadiri Pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019 di lapangan Mako Brimob Polda Sumut, Minggu (3/2). | foto: istimewa
KEJURNAS PANJAT TEBING KAPOLDA CUP 2019. Walikota Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH menghadiri Pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019 di lapangan Mako Brimob Polda Sumut, Minggu (3/2). | foto: istimewa

Medan | rakyatmedan – Pemko Medan mengapresiasi digelarnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019. Melalui gelaran Kejurnas ini diharapkan dapat membangkitkan gairah olahraga panjat tebing di Kota Medan khususnya.

Demikian disampaikan Walikota Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si MH usai menghadiri Pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019 di lapangan Mako Brimob Polda Sumut, Minggu (3/2).

Dikatakan Wali Kota, olahraga Panjat Tebing sendiri merupakan penyumbang medali emas saat pelaksanaan Asian Games 2018 lalu. Hal ini tentu menjadi penyemangat dan motivasi bagi para atlet dalam menggeluti olahraga ini.

”Panjat Tebing kini merupakan olahraga bergengsi karena pada saat Asian Games lalu olahraga ini menjadi penyumbang emas bagi Indonesia. Mari kita jadikan motivasi untuk terus menggeliatkan olahraga ini ke depan,” ujar walikota.

Pembukaan Kejurnas Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019 ini ditandai dengan pelepasan Balon dan peresmian Tebing Teratai oleh Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut serta Walikota Medan.

Kapolda Sumut dalam sambutannya mengatakan, Kejurnas ini merupakan perdana tahun 2019, artinya kegiatan ini menjadi salah satu kualifikasi Pra PON 2020. Dalam Kejurnas ini sekitar 360 atlet dari 21 provinsi yang mengikuti Kejurnas termasuk Atlet Nasional dan juga atlet dari Negera tetangga Singapura.

Dijelaskan Kapolda, terdapat 4 kelas yang dipertandingkan pada Kejurnas Open, yaitu kelas lead putra/putri, speed klasik putra/putri, speed wr putra/putri, boulder putra/putri, boulder pelajar. Diharapkan atlet bertanding secara sportif dan raih prestasi yang gemilang.

“Saya berharap hadirnya para atlet dari Provinsi Sumatera akan menjadikan Kejurnas ini tolak ukur menuju Porwil Sumatera yang akan berlangsung pada Oktober 2019 mendatang. Dalam event ini atlet yang dapat mencetak rekor baru tingkat nasional akan mendapatkan hadiah Umroh ke Mekkah dan wisata religi ke Yerusalem,” kata Kapolda Sumut.

Dalam pembukaan Kerjunas Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019, hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto SH MH, Pangdam I/BB Mayjen TNI Sabar Fadillah, Kadispora Sumut, Kadispora Kota Medan, Marah Husin SH dan Sejumlah pejabat dilingkungan Polda Sumut. (rm-05)