Sejumlah aplikasi pengeditan foto 'jahat' diblokir Google. (Foto: Ubergizmo)
Sejumlah aplikasi pengeditan foto 'jahat' diblokir Google. (Foto: Ubergizmo)

Jakarta | rakyatmedan –  Sejumlah aplikasi pengeditan foto ‘jahat’ diblokir Google dari toko aplikasi Play Store. Pasalnya, aplikasi tersebut mencoba mencuri foto pemilik perangkat.

Setiap aplikasi editing foto sering kali meminta izin untuk mengakses kamera dari perangkat ketika diunduh. Namun, ada sejumlah aplikasi kamera yang rupanya menyalahkan izin dan mencuri foto pengguna.

Menurut laporan dari perusahaan keamanan Trend Micro, ada sekitar 29 aplikasi jahat di Google Play Store yang menyamar sebagai beauty camera apps hanya untuk mencuri foto pengguna. Aplikasi tersebut telah diunduh jutaan kali oleh pengguna.

Mengetahui adanya aplikasi penyamaran itu, Google akhirnya melakukan tindakan dengan menghapusnya dari Play Store mereka, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (4/2).

Parahnya, aplikasi ini juga diberikan ulasan bintang palsu agar terlihat sah. Cara aplikasi ini mencuri foto saat pengguna mengunggah foto untuk mengaplikasikan filter.

Setelah itu, aplikasi akan mengunggah gambar ke server pribadi yang kemudian mengembalikan pesan error kepada pengguna agar mereka memperbarui aplikasi. Beberapa aplikasi bahkan meneruskan pengguna ke website phishing untuk mencuri informasi mereka. (rm/in)