Medan | rakyatmedan – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jumlah siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibel (berhak) untuk mendaftar di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang.

“Sedangkan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum melalui Kepala Humas USU Evi Sumanti ST MHum di kampus USU, Senin (4/2/2019)

Disebutkan, bagi siswa yang eligibel dapat segera mendaftar mulai 4 Februari pukul 15.00 WIB sampai 14 Februari 2019,

Dijelaskannya, pemeringkatan siswa dilakukan sistem LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran siswa, yakni untuk Jurusan IPA terdiri dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Untuk Jurusan IPS terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Lalu untuk Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

“Sedangkan untuk SMK terdiri dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan),” kata Evi.

Adapun pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan, yakni untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2019.

Kemudian didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id.

Eligibilitas ditentukan dengan melihatketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id

Terkit proses pendaftaran SNMPTN, Evi Sumanti menjelaskan, siswa yang berhak mendaftar dapat mengikuti proses pendaftaran SNMPTN 2019 dengan memenuhi kriteria pemeringkatan LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Lalu, siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa pendaftar, tambah Evi, harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

“Selain itu, siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

“Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN,” tutur Kepala Humas USU ini. (rm-04)