Ilustrasi (Foto: Ubergizmo)
Ilustrasi (Foto: Ubergizmo)

Jakarta | rakyatmedan – Instagram ingin menekan gambar bunuh diri atau melukai diri sendiri tersebar di platform-nya. Caranya, dengan menyembunyikan gambar di balik ‘sensitivity screens.’

Instagram memutuskan untuk menyembunyikan gambar yang mencerminkan melukai diri sendiri di balik sensitivy screen. Fitur ini akan mengaburkan gambar semacam itu.

Fokus baru Instagram ini untuk mencegah penyebaran gambar-gambar melukai diri sendiri menyusul kabar bunuh diri remaja Inggris Molly Russel. Orangtuanya percaya, anak berusia 14 tahun itu bunuh diri setelah dia memperlihatkan gambar-gambar yang melukai diri sendiri di Instagram dan Pinterest.

Mengutip Ubergizmo, Selasa (5/2), pedoman komunitas layanan menyebutkan postingan yang mendorong orang untuk melukai diri sendiri dihapus.

Selain itu, layanan berbagi foto milik Facebook ini juga telah meluncurkan tool pencegahan bunuh diri pada 2016.

Instagram Head Adam Mosseri menyatakan gambar yang melukai diri sekarang akan disembunyikan di balik sensitivity screen. Dia bahkan juga ingin bertemu dengan UK Healt Secretary Matt Hancock pekan ini untuk membahas masalah.

Mosseri menyatakan kepada The Telegraph, Instagram akan meningkatkan investasi dalam engineer dan reviewers konten terlatih sehingga lebih sulit untuk menemukan konten semacam itu. (rm/in)