Medan | rakyatmedan – Kebutuhan bisnis yang makin kompleks telah menjadikan tim pengadaan barang dan jasa (procurement) sebagai bagian kritikal dalam menentukan efisiensi, produktivitas, dan kinerja bisnis sebuah perusahaan.

Terkait dengan peran dan tanggungjawab tersebut, tim procurement dituntut untuk mampu menghadapi beragam persoalan dan tantangan.

Contohnya, mereka harus mampu memahami dengan tepat spefisikasi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Mereka juga sering membutuhkan waktu yang lama untuk mencari vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang telah dipersyaratkan.

Persoalan Iain yang kerap muncul adalah repotnya mengelola kelengkapan legalitas, besarnya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan jika harus membangun platform e-procurement sendiri demi terselenggaranya proses pengadaan barang dan jasa yang transparan dan akuntabel,

Dengan demikian memastikan proses yang dijalankan telah menjunjung tinggi asas integritas, sehingga perusahaan terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh proses yang tidak benar.

”Tantangan dan persoalan-persoalan klasik yang berpotensi mengganggu efisiensi dan produktivitas bisnis tersebut mendorong hadirnya Mbiz.co.id sebagai solusi,” ungkap
Andik Duana Putra, Chief Commercial Officer (CCO) Mbiz.co.id, pionir di bidang penyediaan solusi total e-procurement di Indonesia di Medan, Kamis (7/2/2019)

Andik berharap, dengan Mbiz.co.id, perusahaan berskala enterprise serta organisasi organisasi bisnis Iainnya yang memiliki aktivitas pengadaan barang dan jasa yang intensif untuk jenis kebutuhan yang beragam makin mampu menjalankan bisnisnya secara Iancar dan efisien berkat dukungan sistem di Mbiz.co.id yang sudah terotomatisasi secara keseluruhannya.

Andik menjelaskan, agar mampu menjadi solusi efektif dalam menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut, Mbiz.co.id dirancang sebagai platform digital yang memungkinkan proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan efisien, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan berkat adanya fitur-fitur Budget Control, Spending Report & Analytics, dan Order & Fulfilment Tracking, serta hampir keseluruhan proses yang terselenggara dalam platform ini.

Untuk menjawab kebutuhan perusahaan yang kini makin beragam, Mbiz.co.id berkolaborasi dengan vendor-vendor terkemuka untuk penyediaan ratusan ribu produk barang dan jasa yang terbagi dalam 11 kategori.

Melalui Mbiz.co.id, perusahaan-perusahaan secara efisien dapat melakukan pengadaan beragam barang dan jasa dari penyediaan produk-produk |T, perlengkapan kantor, jasa alihdaya SDM seperti penyediaan tenaga keamanan, tenaga spesialis, customer service, SPG.

Selain itu juga pengadaan petugas kebersihan, jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung/kantor, rental kendaraan, Iayanan IT terkelola seperti managed print services, jasa pemasangan iklan, pengadaan bahan-bahan kimia, hingga Dengadaan barang dan jasa yang bersifat kustomisasi.

Perusahaan-perusahaan yang bermitra dengan MbiZ-CO-id tidak perlu Iagi melakukan pencarian sendiri akan calon vendor atau melakukan pengecekan-pengecekan lainnya terkait kebutuhan pengadaan barang dan jasa, karena tugas ini dijalankan sepenuhnya oleh Mbiz.co.id yang akan berperan sebagai bihak yang mengonsolidasi vendor-vendOf yang dibutuhkan.

Berdasarkan kajian Mbiz.co.id, pengecekan vendor dengan menggunakan procurement tradisional pada umumnya membutuhkan waktu lama.

“Untuk mengecek ketersediaan produk per SKU saja, tim procurement paling tidak membutuhkan waktu 3 hingga 7 jam,” katanya.

Demikian juga konsumsi waktu akan makin bertambah jika yang harus dicek lebih dari 1 SKU.

“Dengan pendekatan one gateway procurement dari Mbiz.co.id, tim procurement perusahaan dapat memangkas waktu tersebut sehingga bisa fokus ke pekerjaan lain yang lebih diprioritaskan. Perusahaan menjadi lebih efisien dan lebih produktif,” ungkap Andik.

Efisiensi lain yang dapat dihemat perusahaan secara signifikan adalah berkat kemitraan dengan Mbiz.co.id, perusahaan-perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk membangun platform e-procurement sendiri.

” Cukup menggunakan platform dari Mbiz.co.id perusahaan-perusahaan dapat menghemat biaya pembuatan dan pengembangan platform, serta menghemat biaya pemeliharaan yang bisa mencapai Rp6 miliar per tahun,” ujar Andik

Keandalan platform e-procurement yang lengkap dan menyeluruh dari Mbiz.co.id, yang diperkaya dengan beragam futur dan fungsi, menjadikan perusahaan-perusahaan penggunanya juga dapat melakukan efisiensi pada jumlah SDM pada departemen pengadaan barang dan jasa.

Departemen ini akan menjadi sebuah tim yang ramping, namun tetap mampu menghadirkan kinerja sesuai ekspektasi perusahaan.

Pertumbuhan bisnis yang terus menguat hingga akhir tahun 2018, mendorong Mbiz.co.id untuk kian fokus mengembangkan pasarnya.

Mbiz.co.id membidik perusahaan-perusahaan berskala enterprise atau blue chips sebagai target utama pasarnya.

Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kompleksitas bisnis yang tinggi dan solusi e-procurement yang lengkap dan menyeluruh seperti yang dihadirkan Mbiz.co.id akan menjadi solusi efektif untuk turut mengurai kompleksitas yang dihadapi, agar pertumbuhan bisnis makin akseleratif.

“Untuk perluasan wilayah jangkauan layanan, Medan menjadi salah satu pasar penting kami. Pertumbuhan ekonomi Medan pada 2018 telah menunjukkan tren yang menggembirakan dan diproyeksikan terus tumbuh di 6,5% pada 2019.

” Kami juga melihat Iembaga-lembaga pendidikan dan beragam sektor industri di Medan mengalami perkembangan yang sangat dinamis. Kami berharap, Mbiz.co.id dapat menjadi salah satu motor pendorong dalam turut mewujudkan Medan sebagai kota dengan pertumbuhan bisnis yang terus melaju berkat efisiensi dan produktivitas yang terus meningkat,” pungkas Andik. (rm-04)