Aplikasi WhatsApp (Foto: India Today)
Aplikasi WhatsApp (Foto: India Today)

Jakarta | rakyatmedan – Pengguna WhatsApp iOS mendapatkan fitur keamanan baru. Dengan fitur baru pengguna bisa membuka WhatsApp menggunakan fingerprint atau wajah.

WhatsApp menambahkan fitur keamanan Touch ID atau Face ID ke chat platform yang bisa memberikan keamanan lebih kepada pengguna. Untuk saat ini, fitur baru tersedia untuk pengguna iOS.

Sementara untuk pengguna Android, mereka harus menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan fitur serupa seperti di iOS. Sebenarnya, kabar uutentikasi WhatsApp menggunakan Face ID telah beredar sejak tahun lalu.

Mirip dengan cara kerja pengunci aplikasi di ponsel, fitur tambahan ini mengunci private chat yang bisa dibuka dengan menggunakan detail biometrik Anda seperti sidik jari atau wajah.

Pengguna WhatsApp Android akan menerima fitur autentikasi berdasarkan model iPhone yang digunakan. Jika menggunakan perangkat dari jajaran iPhone X, maka Anda akan mendapatkan opsi Face ID, seperti dikutip dari India Today, Senin (11/02/2019).

Sedangkan pengguna iPhone lama akan menerima mode Touch ID untuk autentikasi. Meski begitu, fitur hanya bisa digunakan untuk iPhone 5s atau lebih baru yang berjalan di iOS 9 ke atas.

Untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan di WhatsApp iPhone ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka WhatsApp kemudian masuk ke Settings.

Tap di opsi Account, select Privacy, lalu tap Security. Di bagian Security ini, Anda akan menemukan opsi Screen Lock, klik pilihan tersebut untuk mengaktifkan keamanan tambahan.

Setelah fitur keamanan tambahan ini diaktifkan, WhatsApp akan terkunci dan Anda harus memasukkan detail biometrik untuk membukanya. (rm/in)