Newcastle | rakyatmedan – Perjuangan Persija untuk lolos ke babak utama Liga Champions Asia 2019 harus terhenti. Juara Liga 1 2018 itu menyerah dari Newcastle Jets di kualifikasi putaran kedua.

Dalam pertandingan di Hunter Stadium, Selasa (12/02/2019) malam waktu setempat, Persija kalah 1-3 dari Newcastle Jets. 

Persija sempat memberi perlawanan maksimal terhadap tuan rumah. Terutama di 90 menit waktu normal. Pasalnya dalam pertandingan 2×45 menit, Persija mampu memaksakan hasil imbang 1-1.

Newcastle Jets mencetak gol terlebih dahulu lewat Ronald Vargas pada menit ke-49. Namun Ramdani Lestaluhu sukses menyamakan kedudukan di menit 72. Skor sama kuat di 90 menit.

Macan Kemayoran baru terlihat keteteran saat perpanjangan waktu. Di babak extra time Newcastle Jets mengendalikan sepenuhnya permainan. Ditambah lagi banyak pemain yang sebelumnya mengalami cedera.

Tidak heran bila tuan rumah berhasil menambah dua gol. Nigel Boogaard, kapten Newcastle Jets, mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan mereka. Gol pada menit 101 itu memanfaatkan bola liar di kotak penalti, hasil sepak pojok.

Sedangkan gol ketiga Newcastle Jets dicetak Matt Ridenton. Pemain pengganti itu menjebol gawang Persija lewat sundulan di menit 119. Skor berakhir 3-1 untuk kemenangan Newcastle Jets.

Dengan kekalahan ini Persija berarti harus puas turun di kompetisi Piala AFC 2019. Kompetisi itu merupakan kasta kedua di Asia.

Persija tergabung di Grup G. Di grup itu tergabung pula Becamex Binh Duong, Ceres Negros, dan Shan United. Laga pertama berlangsung pada 26 Februari 2019 mendatang. (rm/li)