Dadhi Gelan tewas penyanyi akibat terkena peluru yang ditembakkan untuk merayakan pembukaan sebuah hotel baru. (Foto: doc. TUFA WODOJA)
Dadhi Gelan tewas penyanyi akibat terkena peluru yang ditembakkan untuk merayakan pembukaan sebuah hotel baru. (Foto: doc. TUFA WODOJA)

Addis Ababa | rakyatmedan – Seorang penyanyi Ethiopia tewas akibat terkena peluru yang ditembakkan untuk merayakan pembukaan sebuah hotel baru.

Dilaporkan BBC, Rabu (13/02/2019), salah seorang teman mengatakan, Dadhi Gelan tampil di hotel di Ashufe, sebuah kota kecil di wilayah Oromia, Ethiopia, saat sebuah peluru nyasar menghantamnya.

Dadhi merupakan penyanyi terkenal yang dikenal karena lagu-lagu politiknya tentang rakyat Oromo untuk mendapatkan hak yang lebih besar.

Melepaskan tembakan di udara selama perayaan dan pada saat berkabung merupakan tradisi populer di wilayah tersebut.

Teman Dadhi, Tufa Wodoja, mengatakan kepada BBC bahwa penyanyi itu baru saja selesai tampil ketika tembakan perayaan dilepaskan.

Orang-orang melarikan diri dari tempat kejadian setelah peluru nyasar menghantam Dadhi dan membunuhnya di lokasi.

“Ketika dia tampil, semua orang menembak. Setidaknya 50 hingga 60 peluru ditembakkan per lagu,” kata Tufa.

“Sebelum dia meninggal, Dadhi berkata kepadaku, ‘Hati-hati, kamu mungkin terkena peluru’,” tambahnya.

Dadhi dikenal karena lagu-lagu yang menggambarkan perjuangan rakyat Oromo, seringkali mendesak mereka untuk membela kebebasan.

Dia bernyanyi dalam bahasa Afaan Oromoo dan juga seorang penulis dari lima buku.

Penembakan senjata saat ini menjadi perhatian bagi pihak berwenang di Ethiopia.

Awal bulan ini, seorang mempelai pria dan pendamping pria terbunuh ketika sebuah granat milik mempelai pria meledak saat perayaan pasca-pernikahan. (rm/in)