Surabaya | rakyatmedan – Jelang laga kedua babak 16 besar Kratingdaeng Piala Indonesia, Persebaya Surabaya mengusung dua misi kontra Persidago Gorontalo.

Misi pertama adalah mereka siap menurunkan pemain barunya kontra Persidago, di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/02/2019). Bejo Sugiantoro, asisten pelatih Persebaya, memastikan gelandang serang Damian Lizio akan menjalani debutnya besok.

Kemenangan 4-1 pada pertemuan pertama mereka menjadi modal berharga yang dikantongi Persebaya jelang melakoni leg kedua. Satu kaki Bajul Ijo sudah berada di perempat final.

“Dari latihan sore ini terlihat jika dia memiliki kualitas. Tetapi ini latihan, jadi ujian sesungguhnya ada di Sabtu mendatang. Pasti akan kelihatan,” kata Bejo.

“Tekniknya mulai dari passing, kontrol bola dan pengambilan keputusan sudah sesuai dengan track record-nya,” imbuhnya.

Kedatangan pemain anyar Persebaya itu menambah opsi gelandang di skuad Persebaya. Meski demikian, pelatih Djadjang Nurdjaman yang berhak memutuskan siapa pemain yang dapat tampil.

“Kalau keistimewaannya bisa dilihat saat pertandingan. Dari latihan ini tadi memang sudah terlihat jika dia punya kualitas,” jelasnya.

Dami sendiri mengaku tinggal beradaptasi dengan tim dan kondisi cuaca di Surabaya. Pemain itu semangat agar dapat segera tampil bersama Persebaya.

“Persebaya sudah akan bertanding akhir pekan ini. Kondisi saya memang belum 100 persen fit, tapi kalau dipercaya tampil, saya siap turun untuk membantu tim,” ujarnya.

“Karena itu saya harus cepat beradaptasi dengan tim. Karena di Persebaya banyak pemain bagus. Untuk kondisi cuaca sendiri saya rasa hampi sama dengan beberapa negara yang saya kunjungi,” tandas Dami.

Selain soal debut pemain baru, ada misi lain yang akan diraih Persebaya saat menjamu Persidago Gorontalo. Amido Balde siap mencetak gol lagi dan menjadi top skor sementara turnamen ini.

Balde sudah mengoleksi enam gol. Empat gol ke gawang Persinga. Plus dua gol ke gawang Persidago. Raihan enam gol pemain asal Portugal itu hanya kalah dari bintang PSM Makassar Zulham Zamrun yang mengoleksi tujuh gol. Balde berpeluang menyalip Zulham, di pertandingan besok.

“Bermain di kandang sendiri selalu memberikan energi ekstra. Fans luar biasa,” kata Balde.

Bejo Sugiantoro juga menyatakan performa Balde terus meningkat. Minute play semakin panjang. Mobilitas di lapangan juga semakin tinggi.

“Seperti kata Coach Djanur, Balde pemain bagus, tapi dia belum pada top performance-nya masih bisa lebih bagus lagi,” katanya. (rm/pssi)