Phnom Penh | rakyatmedan – Tim Nasional Indonesia U-22 lolos ke semi final Piala AFF U-22 2019. Kepastian ini usai Garuda Muda, mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 pada laga terakhir Grup B di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Jumat (22/02/2019) malam.

Bagas Adi dan kawan-kawan lolos dengan status runner-up Grup B dengan raihan lima poin dari tiga laga. Sedangkan Kamboja menjadi juara grup mengoleksi enam angka.

Pada sisi lain, kemenangan satu gol tanpa balas yang didapatkan Malaysia atas Myanmar jadi tidak berarti. Karena Malaysia tidak lolos karena cuma mengumpulkan empat nilai.

Di awal laga, Timnas U-22 berinisiatif melakukan serangan sejak menit awal pertandingan. Gol yang ditunggu datang juga untuk Timnas Indonesia U-22 pada menit 20. Marinus Wanewar berhasil memaksimalkan umpan silang yang diberikan Witan Sulaeman.

Unggul satu gol membuat Indonesia tampil makin percaya diri. Berulang kali lini pertahanan Kamboja dibuat kerepotan dengan serangan yang dibangun. Skor pun tetap 1-0 untuk Indonesia hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua, permainan bola pendek yang dikombinasikan umpan jauh jadi andalan Indonesia untuk menerebos pertahanan Kamboja.

Sementara Kamboja hanya mampu mengandalkan serangan balik. Tuan rumah terlihat kerepotan mengimbangi permainan terbuka yang diterapkan para pemain Indonesia.

Kamboja sempat memiliki peluang untuk menyamakan keadaan. Untungnya, penjaga gawang Indonesia, Awan Setho, tampil gemilang untuk menghalau sepakan keras penggawa Kamboja.

Marinus kembali menggetarkan jala gawang Kamboja tujuh menit jelang pertandingan selesai. Sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau. Keunggulan dua gol tanpa balas bertahan sampai selesai.

Pada babak semi final Indonesia sudah ditunggu Vietnam yang rencananya akan bermain pada 26 Februari 2019 di Stadion Nasional Olimpiade, Kamboja. (rm/pssi)