Jakarta | rakyatmedan – WhatsApp telah mengumumkan kehadiran fitur baru untuk pengguna iOS. Dengan fitur terbaru, pengguna WhatsApp di iOS bisa melindungi aplikasi dengan menggunakan wajah dan sidik jari mereka. 

Awal bulan ini, WhatsApp memberikan fitur keamanan tambahan kepada pengguna iOS. Namun dalam posting-an di Reddit, u/de_X_ter menemukan kerentanan pada fitur keamanan biometrik di iOS, seperti dilaporkan Ubergizmo, Sabtu (23/02/2019).

Dalam kerentanan ini, telah ditemukan meskipun mengaktifkan Face ID atau Touch ID untuk WhatsApp, aplikasi masih bisa dibuka melalui iOS Share Sheet. Alhasil, mengabaikan langkah-langkah keamanan tambahan yang sebelumnya diterapkan. 

Kendati demikian, kerentanan hanya berlaku untuk pengguna yang telah memilih opsi selain ‘immediately’ dalam pengaturan WhatsApp mereka. Seperti diketahui, saat fitur Face ID atau Touch ID diaktifkan, pengguna bisa memilih kapan tindakan keamanan tambahan diperlukan.

Misalnya, jika Anda lebih suka tidak menggunakan Face ID atau Touch ID setiap membuka WhatsApp, opsi ‘After 1 minute’ mungkin bisa menjadi pilihan. Jika memilih opsi itu dan lainnya selain ‘Immediately’, maka kerentanan akan kemungkinan akan memengaruhi. 

Untuk saat ini  satu-satunya cara untuk mencegah kerentanan ini dieksploitasi adalah dengan mengaturnya menjadi ‘Immediately.’ Sayangnya, tidak diketahui apakah WhatsApp mengetahui kerentanan tersebut atau tidak.