Jakarta | rakyatmedan – Samsung telah memperkenalkan lima smartphone flagship tahun ini yakni Galaxy S10e, S10, S10+, S10 5G, dan Galaxy Fold. Tahun ini, raksasa elektronik asal Korea Selatan juga akan mengeluarkan ponsel unggulan dari seri Note. 

Seperti tahun sebelumnya, Samsung tidak hanya memperkenalkan smartphone unggulan dari kelas S, tapi juga Note. Tahun ini, brand smartphone top dunia ini juga akan memperkenalkan suksesor Galaxy Note 9, Note 10. 

Rumor terbaru mengenai Galaxy Note 10, phablet bisa menampilkan empat kamera di bagian belakang. Informasi tersebut berasal dari Sam Mobile dan saat ini belum dikonfirmasi. 

Jika laporan tersebut benar, Galaxy Note 10 tidak akan menjadi ponsel Samsung pertama yang menggunakan empat kamera belakang. Sebelumnya, kelas premium Samsung yang telah menggunakan quad-camera adalah Galaxy S10 5G. 

Pada Galaxy S10 5G, empat kamera belakangnya terdiri atas 12 MP (reguler), 12 MP (telephoto), 16 MP (wide-angle shooter), dan 3D Depth Camera (yang berguna untuk 3D scanning, Augmented Reality (AR), atau gesture control).

Sejak Galaxy S10 5G tidak akan dirilis, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan, sehingga tidak diketahui seberapa baik kinerjanya. Namun, kemungkinan empat kamera di Note 10 akan memiliki konfigurasi yang sama. 

Detail manarik lainnya yang dibagikan soal Galaxy Note 10 adalah salah satu nomor modelnya (SM-N975F). Secara tradisional, Galaxy Note reguler memiliki nomor model yang diakhiri 0: SM-N960 (Note 9), SM-N950 (Note 8), SM-N930 (Note 7), dan sebagainya.

Keberadaan SM-N975 bisa berarti merupakan varian 5Ga dari Note 10. Varian 4G kemungkinan juga dalam pembuatan, nomor model yang akan digunakan SM-N970, seperti dilaporkan Phone Arena, Selasa (26/02/2019).

Selain empat kamera belakang dan 5G, Galaxy Note 10 disinyalir membawa banyak perbaikan lain, termasuk prosesor Snapdragon 855, RAM hingga 12 GB, ruang penyimpanan internal 1 TB, dan Stylus Pen yang disempurnakan. 

Menurut rumor baru-baru ini, smartphone mendatang akan menampilkan layar 6,75 inci, yang terbesar dalam seri Note. Namun, berkat layar Infinity O, Galaxy Note 10 kemungkinan memiliki bezel yang lebih tipis, sehingga ukurannya bisa sama dengan Galaxy Note 9.  (rm/in)