Jakarta | rakyatmedan – Maruarar Sirait ditunjuk PSSI sebagai Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019 yang akan bergulir awal bulan depan. Penunjukan tersebut diumumkan PSSI pada jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (27/02/2019) malam WIB.

“Saya melihat selama ini Pak Ara (sapaan Maruarar Sirait) berpengalaman dan hasilnya sangat baik. PSSI menunjuk dan meminta Pak Ara untuk menjadi Ketua SC lagi, meski dekat dengan pemilu, tapi dia tetap mau,” ucap Anggota Exco PSSI, Pieter Tanuri.

Dengan begitu, ini menjadi kali keempat Maruarar menjabat sebagai Ketua SC Piala Presiden sejak 2015 lalu. Tak hanya itu, Maruarar juga ingin turnamen Piala Presiden kali ini berjalan transparan dan terbuka.

Untuk itu PSSI kemudian menunjuk PricewaterhouseCoopers (PwC) sebagai auditor Piala Presiden tahun ini. Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) kerjasama dilakukan oleh perwakilan PSSI dan PwC di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (27/02/2019) malam.

“Saya menerima tugas ini dan saya berharap transparansi yang sudah kita jalankan selama tiga tahun sebelumnya terus berjalan,” ujar Maruarar.

Sebagai perusahaan auditor keuangan publik, PwC sudah menjalin bekerja sama sejak Piala Presiden edisi tahun 2015, 2017 dan 2018. Termasuk untuk edisi tahun ini, Piala Presiden menginginkan turnamen tersebut kembali diaudit secara profesional dan terbuka untuk menjaga akuntabilitas serta kepercayaan semua pihak.

“Tujuan dilakukan audit adalah untuk membuktikan transparansi keuangan yang terjadi selama Piala Presiden bergulir. Ini juga sesuai dengan perintah dari Presiden RI Joko Widodo yang ingin semuanya terbuka. Kami juga disini ingin meningkatkan ekonomi kerakyatan,” tambah Maruarar.

Maruarar memastikan, turnamen Piala Presiden tahun ini tidak mendapatkan dukungan dana dari pemerintah. Pihaknya akan mencari sponsor untuk membiayai Piala Presiden 2019 yang diperkirakan menelan anggaran Rp47,5 miliar.

“Turnamen ini juga harus bebas dari pengaturan skor. Kita tahu sepak bola Indonesia sekarang. Kita di negara hukum, kalau ada yg bersalah kita serahkan ke polisi,” lanjutnya.

Turnamen Piala Presiden 2019 akan bergulir pada awal bulan depan. Pertandingan antara Persib Bandung melawan PS Tira Persikabo yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu (2/3) sore akan menjadi laga pembuka. (rm/li)