Pemain Barcelona merayakan keberhasilan mengalahkan Real Madrid 3-0 di Santiago Bernabeu pada leg kedua Copa del Rey, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. (Foto: JAVIER SORIANO/AFP)
Pemain Barcelona merayakan keberhasilan mengalahkan Real Madrid 3-0 di Santiago Bernabeu pada leg kedua Copa del Rey, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. (Foto: JAVIER SORIANO/AFP)

Madrid | rakyatmedan – Barcelona berhasil menang telak 3-0 atas Real Madrid pada leg kedua semifinal Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Kamis (28/02/2019) dini hari WIB.

Berkat hasil positif tersebut, Klub Katalan itu berhak melaju ke final berkat keunggulan agregat 4-1, mengingat pada pertemuan pertama kedua tim bermain imbang 1-1 di Camp Nou.

Bermain di depan pendukung sendiri, Madrid menerapkan pressing ketat setiap kali penggawa Barca membangun serangan melalui bola-bola pendek. Akibatnya, Lionel Messi dkk, terlihat kesulitan mengembangkan permainan.

Peluang pertama terjadi pada menit ke-19. Mendapat ruang, Vinicius Junior melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti. Sayang, usaha winger muda asal Brasil itu masih melambung dari gawang Blaugrana kawalan Marc Andre Ter Stegen.

Menit ke-36, giliran Karim Benzema yang mengancam. Mendapat bola liar hasil pantulan tembakan Casemiro yang diblok Ivan Rakitic, mantan pemain Olympique Lyon itu menyepak si kulit bundar namun masih bisa diamankan Ter Stegen. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Barca yang di paruh pertama pertama kesulitan menemukan ritme permainan mampu memecah kebuntuan pada menit ke-51 lewat sepakan Luis Suarez usai meneruskan umpan tarik Ousmane Dembele.

Tertinggal, Los Blancos tak tinggal diam dan langsung menyerbu pertahanan Barca. Tiga menit berselang, Casemiro mengancam melalui sundulannya memanfaatkan umpan sepakan bebas. Belum beruntung, tandukan gelandang Brasil itu masih melebar tipis dari gawang tim tamu.

Sadar timnya butuh tambahan daya gedor, Solari memainkan Gareth Bale pada menit ke-68 untuk menggantikan Lucas Vazquez. Namun semenit berselang, Madrid malah kembali kebobolan akibat gol bunuh diri Raphael Varane yang salah mengantisipasi umpan Dembele.

Menit ke-73, Barca dihadiahi penalti akibat Casemiro melanggar Suarez di kotak terlarang. Suarez yang menjadi algojo dan tak menyia-nyiakan tugasnya. Sepakannya dari jarak dua belas pas tak bisa dihentikan kiper Madrid, Thibaut Courtois. Torehan bomber Uruguay itu menjadi yang terakhir di laga tersebut.

Pada partai pamungkas nanti, Blaugrana akan menghadapi pemenang antara laga semifinal lainnya yang mempertemukan Valencia kontra Real Betis, Jumat (29/02/2019) dini hari WIB. Pada leg pertama, kedua tim bermain imbang 2-2 di Stadion Benito Villamarin.

Sedangkan Madrid memiliki kesempatan untuk menuntaskan dendam kepada Barca, mengingat duel El Clasico akan kembali dihelat di Santiago Bernabeu pada pekan ke-26 La Liga, Minggu (03/03/2019) dini hari WIB. (rm/in)