Medan I rakyatmedan – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Medan (LPPM ITM) telah menginisiasi jalinan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan di Sumatera Utara.

“Program kerjasama itu telah kita lakukan sejak 2015, seperti dengan pemerintahan kabupaten Langkat, Labuhan Batu, Tebingtinggi, Kisaran dan kota Medan,” kata Rektor ITM Dr Ir Mahrizal Masri MT IPM AER , Kamis (28/02/2019).

Disebutkanya pada 2017, LPPM ITM telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kota Tebingtinggi melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Kota Tebing Tinggi.

Kini di 2019 ini, momen kesepakatan kerjasama yang diinisiasi LPPM ITM langsung ditandatangani Rektor dan Walikota Tebingtinggi Ir. H Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam rangkaian wisuda belum lama ini.

Penandatanganan MoU dari Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna dihadiri Cemerlang SE, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kota Tebingtinggi, Dra. Sri Wahyuni, M.Si dan Ketua LPPM ITM Dr. Cut Nuraini, ST., MT. 

Rektor ITM Mahrizal Masri mengatakan, kerjasama pertama yang dilakukan adalah  program pendampingan TTG bagi masyarakat kota Tebingtinggi.

LPPM ITM dan Dinas Pemberdayaan Masyrakat kota Tebingtinggi telah menyatakan sepakat untuk mengikat diri dalam suatu Perjanjian Kerjasama untuk Kegiatan Pembinaan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) di Kota Tebing Tinggi melalui pembinaan kepada Posyantek Kecamatan, Wartek Kelurahan, Lembaga Pendidikan dan Inovator dari masyarakat.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap Posyantek Kecamatan, Wartek Kelurahan, Lembaga Pendidikan dan Inovator dari masyarakat untuk menghasilkan inovasi Teknologi Tepat Guna sesuai dengan karakteristik dan potensi Kota Tebingtinggi.

Selain itu memberikan pendampingan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap hasil inovasi TTG  yang ditemukan, memberikan pendampingan pemberdayaan dan pemanfaatan Inovasi TTG kepada masyarakat.

Sementara,  Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi mengatakan, hasil kerjasama yang telah dilakukan di tahun 2017-2018 telah menghantarkan kota lebang itu menjadi kabupaten/kota terbaik dalam pembinaan Inovasi TTG, kabupaten/kota terbaik dalam pembinaan Posyantek, dan Juara 3 Nasional Posyantek terbaik.

Kegiatan yang dilakukan para dosen abdi masyarakat di bawah koordinasi LPPM ITM telah menghasilkan berbagai kegiatan seperti, pendampingan teknologi tepat guna, ceramah ilmiah, diskusi teknologi, pelatihan dan lainnya. (rm-04)