Medan I rakyatmedan – Rektor Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba, MKes mengingatkan agar mahasiswa harus disiplin, apalagi profesi tenaga kesehatan

Harapan itu diungkapkan Dr Ivan Elisabeth Purba kepada mahasiswa yang telah siap praktik di lapangan, RS dan fasilitas kesehatan lainnya saat Capping Day/Pengukuhan Mahasiswa USM Indonesia, Kamis (28/02/2019).

“Anak-anakku, kalian baru 6 bulan di universitas ini. Saatnya kalian ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat, untuk itu anda-anda semua harus disiplin,” kata Ivan.

Selain disiplin, lanjutnya, mahasiswa USM Indonesia harus menghormati orang lain, menghargai orang lain serta menjadi insan kesehatan yang profesional.

“Kalau orang berbicara dengan anda, dengar kan. Itu salahsatu cara menghargai orang lain. Sedangkan profesional, tidak boleh memberi tahu rahasia pasien kepada orang lain,” pesannya.

Sedangkan, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Sumut Dr H. Bahdin Nur Tanjung mengatakan, mahasiswa USM Indonesia harus bersyukur, karena banyak alumni yang bekerja dan berkarya di luar negeri dan instansi pemerintahan lainnya.

Disebhtkan Bahdin, ini merupakan karya besar dari pendiri Sari Mutiara mendiang bidan Sauria dan W. Purba.

” Dengan adanya tenaga kesehatan, maka mempercepat meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, sehingga kecerdasan dan sehat akan meningkat. Alhasil, kita mampu bersaing di era industri yang membawa Indonesia maju dalam masa yang akan datang,” tambahnya.

Salahsatu alumni USM Indonesia yang bekerja di Royal Perth Hospital Australia Goldameir Purba. Dia mengaku bangga dan bersyukur kuliah di Sari Mutiara karena bisa membawanya sampai ke luar negeri.

“Saya bersyukur mendapatkan pendidikan yang baik di USM Indonesia. Sebagai alumnus, saya tidak hanya mendapatkan pengetahuan yang sangat berguna untuk kebutuhan pekerjaan saya di lapangan, tetapi mendapat bekal soft skill dan karakter yang mungkin tidak akan saya dapat di tempat lain. Prinsin Bidan Sauria Sitanggang juga saya pegang sampai saat ini, yakni bekerja keras, belajar dan lainnya,” tambahnya. (rm-04)